Mengenal Perbedaan Antara Aki Kering dan Aki Basah

Mengenal-Perbedaan-Antara-Aki-Kering-dan-Aki-Basah

Kali ini kita akan berbicara tentang aki, lebih tepatnya mengenal perbedaan antara aki kering dan aki basah, bagi kendaraan roda dua atau roda empat, aki merupakan komponen yang wajib. Karena aki merupakan sumber listik saat kendaran dalam kondisi mati.

Tugas aki adalah memberikan sumber listrik yang diperlukan kendaraan saat ingin menjalankan kendaraan anda. Saat ini aki yang biasa dijual dipasaran Indonesia adalah aki kering dan aki basah. Kedua jenis aki ini memiliki kegunaan yang sama.

Perbedaan Mendasar Tentang Aki Kering dan Aki Basah

Jika dibandingkan antara aki kering dan aki basah perbedaan yang mencolok adalah penggunaan bahan jika pada aki kering menggunakan gel untuk merendam sel pada aki, sendangkan pada aki basah hanya menggunakan air elektroda yang biasa disebut air aki.

Untuk perbedaan lainnya antara aki kering dan aki basah yang termudah adalah melihat badan aki. Pada aki basah memiliki casing yang transparan, hal ini berguna untuk mengetahui ketinggian air elektroda, dan pada aki kering biasanya memiliki warna hitam.

Perbandingan Antara Aki Kering dan Aki Basah Dari Sisi Harga

Mengenai harga, aki basah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan aki kering, namun ketika digunakan, aki basah perlu dilakukan pengecekan, pengecekan ini berguna untuk mengetahui kadar air elektroda didalamnya. Dan jika air elektroda menipis (hingga melewati batas) dapat merusak aki.

Sedangkan dengan penggunaan aki kering, memang jauh lebih mahal. Tetapi aki kering lebih menguntungkan dari segi perawatan. Pada aki kering, kita tidak perlu melakukan pengecekan batas air, kalian hanya perlu melakukan perawatan ringan, seperti membersihkan dari karat atau debu.

Rata-Rata Usia Pemakaian

Untuk usia pemakaian, kedua jenis aki ini memiliki usia pemakaian yang tidak jauh berbeda, tentunya ini tergantung dari pememiknya menggunakan aki tersebut. Rata-rata penggunaan aki pada kendaraan roda empat berkisar 1/5 tahun sampai 2 tahun, tergantung pemeliharaan.

Dalam segi pemeliharaan, anda perlu mengecek kadar air pada aki basah, sedangkan dengan aki kering, jika aki mulai bermasalah, anda perlu untuk membersihkan aki dari kotoran atau korosi yang terdapat pada bagian aki dengan sikat halus.

Hal Yang Menyebabkan Aki Cepat Tekor

Biasanya aki cepat tekor, karena pemilik kendaraan menambahkan komponen yang diluar standard dari kendaraannya. Seperti contohnya menambahkan audio, pada dasarnya aki yang diproduksi kendaraan anda, hanya untuk keperluan dasar kendaraan. Jika anda ingin menambahkan komponen lain, anda juga perlu menambahkan daya pada aki anda, tetapi hal ini juga perlu di perhatikan agar kendaraan anda terhindar dari korseleting arus listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *